Minggu, 21 Februari 2016

Semester Satu dan IP perdana



Hello guys.. Bagaimana rasanya jadi anak kuliahan? Enak? Pahit? Asam? Manis? Atau gimana?.. kalau di di tanyaknya ke aku mungkin rasanya Nano-Nano ya, banyak rasanya. Anyway gue baru aja makan goreng pisang buatan emak gw, rasanya enak gurih, lu mau coba?. Eh, anyway gue udah masuk semester 2 (genap) kuliah loh… (mangnya penting?), jadi gw disini mau curhat tentang semester 1 gw dikampus.


Gw ambil jurusan “Sistem Informasi” (Whatttt?? System informasi ?? orang yang ngumumin anak anak ilang di mall itu ya??? Bukan kelesss). Menurut seorang ahli yang saya lupa namanya system informasi itu adalah jurusan yang mempelajari ilmu ilmu computer (Bagian dalam seperti sotware) dan juga dikombinasikan dengan ilmu ilmu manajemen bisnis. Jadi mau kerja apa abis keluar dari Sistem Informasi?? Apa aja boleh, entar gw kasih link yang membahas total dan tuntas tentang kuliah jurusan Sistem Informasi.

Jujur aja gw lebih suka masa-masa gw di SMA daripada gw sekarang di kampus. Gw nggak ada teman dekat di kampus, nggak ada yang gw taksir di kampus, nggk ada yang cantik, nggak ada yang traktirin gw, nggak ada yang bikin semangat,, lah jadi ngapain gw ngampus? Ya karna gw nggak mau buat orang tua gw kecewa, kan kasihan mereka udah cari uang buat gw kuliah ehh gw nya malah ngulah… Love you  deh mamak dan ayah, anakmu ini bangga meimilikimu.

Gw juga ngerasa exited sama UAS (Ujian Akhir Semester) pertama gw, gw ngerasa UAS dikuliahan itu sama kyak UAS disekolahan dulu, ternyata beda bro, gw ngerasa kalau gw seperti orang indo yang pertama kena hujan badai salju, ada sensasi dingin-dingin-nya gitu. Hal yang pertama yang membuat gw ngerasa aneh sama uas di kuliahan itu kenapa mahasiswa/I-nya wajib melunasi uang kuliah wajib memakai seragam hitam putih gitu, kan kalau pakai yang warna warni ada manis-manisnya gitu. Tapi gw tetap patuh kok dengan aturan yang ada. Hal berikutnya yang buat gw ngerasa sama UAS dikuliahan itu kita sebagai Mahasiswa/I tidak ada kesempatan nyontek, kalau lu bisa nyontek berarti teman depan samping belakang juga cctv sedang berpihak kepada lu, tapi kalau gw buat persentasenya sih Cuma 1 dari 100 orang yang mau ngasih elu contekan. Belajar bro belajar.

Seingat gw pas waktu gw pulang daftar kuliah dulu gw buat IP (nilai hasil semester) yang harus gw capai di semester 1, awalnya gw buat 3.70, gw rasa pada saat itu untuk mendapat IP segitu terasa mudah, but lets see. Ketika gw sedang mengintrogasi kakak-abang senior di kampus tentang IP yang mereka dapat gw menenemukan satu hal yang bikin gw jadi laper Baper, salah seorang senior bertakata bahwa “Gile, nggak salah denger gw cuk. Dapat ip diatas 3 aja lu mau mampus apalagi dapat 3.70,, sadar! Sadar!”. Gw merasa tertekan atas perkataan abang senior tersebut, gw jadi orang yang gampang baperan kalau bicara masalah ip.

Gw masih inget jelas berapa target IP gw di semester 1 ini, gw nggak mau nyerah, dan gue pun belajar dan gue pun tertidur dengan pulas. Selama uas gw sering banget belajar kira kira abis solat magrib, dan sebelum mandi pagi (gw mandi sebelum ngampus). Gue ngerasa kalau gw udah siap untuk tempur, modul berserakan di setiap sudut kamar gw, gw rela nggak cancel ajakan holiday teman gw di minggu tenang hanya untuk belajar, dan semua itu gw lakukan hanya untuk mencapai target yang gw buat.

UAS pun berlalu. Liburpun datang, dan gue cuman liburan di rumah aja, gw single (Bukan Jomblo bukan Jones) jadi gw nggak bisa berduaan pas waktu liburan. Selama liburan gw nggak bisa ngerasa tenang, gw ngerasa gelisah akan hasil UAS gw. Gw takut ip gw nggak sesuai ekspektasi gw, gw merasa serba salah.
Di group BBM rame ngomongin masalah hasil IP sementara, gw langung buka web kampus gw dan langsung login, dengan tergesa gesa gw klik tuh “Download KHS (Kartu hasil study)”, gw tunggu beberapa saat dan tercengalah gw setengah sadar (agak lebay sih) melihat KHS sementara gw, dari 9 mata kuliah baru keluar 4 mata kuliah, dan bisa lu bayangkan dari 4 mata kuliah tersebut gw dapat “A” semua. Awalnya gw nggak percaya, gw refresh langsung itu web dan gw download lagi, dan emang benar empat empatnya gw dapat A, gw senang banget bro at that moment.

Gw ngerasa lebih senang lagi ketika gw lihat kalau gw dapat A dipelajaran Algoritma program 1. Gw pun melakukan survey dang gw dapat info kalau Cuma ada 2 orang yang dapat A dari mata kuliah Algoritma program 1, dan salah satunya itu gw. Namun dilain sisi gw ngerasa kasihan sama teman gw yang dapat nilai di bawah B, otomatis mereka harus ngulang mata kuliah yang bersangkutan.


Gw nunggu sampai seminggu sampai nilai-nya masuk semua. Alhamdulillahnya IP yang gw dapat melebihi ekspektasi gw, Gw dapat 3.77 dan gue ngerasa bangga banget akan hal tersebut, anyway gue nggak ada maksud untuk nyombongkan diri dengan hasil tersebut, se-enggak nya gw Cuma mau bagi bagi semangat gw kepada orang orang yang singgah di blog gw, dan gw juga percaya sama orang orang pendahulu yang pernah berkata bahwa “Usaha takkan mengkhianati Hasil” dan gw sudah membuktikannya. 

Gw kurang sepaham dengan orang orang yang mengatakan ip itu tidak penting, dan ip itu tidak mempengaruhi masalah kerja lu dimasa depan. Gw merasa kalau gw gw kuliah itu diberikan tanggung jawab, dan bagi gue tanggung jawab itu adalah dengan menuntut ilmu, dengan kita menuntut ilmu kita akan di uji apakah ilmu yang telah kita terima dan kita pelajari itu mampu kita serap atau tidak, dan hasil dari ilmu yang di simbolkan dengan Score itu yang gw anggap dengan tanggung jawab. Jadi kalau dari hal kecil itu aja lo nggak bertanggung jawab ya gue nggak menjamin sih kalau lo dihadapi dengan suatu tanggung jawab yang besar.

Gw juga nggak tau inti dari curhatan gw ini, Cuma gw sangat sangat berharap kalau semangat gw berlajar di semester 2 ini masih selalu menggebu –gebu, semangat kalau ada tugas, selalu jaga kehadiran, dan IP gw naik di semester 2 ini, terus gw juga berharap kalau gw dapat biaya siswa dari pihak kampus atau darimanalah itu.

Itu aja sih.

Salam Mahasiswa.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling Banyak di Baca